Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk – Pernahkah anda mengalami masalah file pada flashdisk yang terhapus secara misterius? Memang hal seperti ini sangatlah menyebalkan, apalagi jika file yang terhapus merupakan file yang sangat penting, tentu saja ini akan membuat pikiran menjadi tidak tenang. Apalagi jika file tersebut merupakan file dari perusahaan anda bekerja, haduh bisa-bisa dimarahi  oleh bos. Eitss, tenang dulu, sebenarnya file yang terhapus pada flashdisk masih bisa dikembalikan kok, penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk

Cara Cek File pada Flashdisk yang TerhapusSebelum kita ke inti dari permasalahan, saya mau berbagi sedikit. Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan file atau data pada flashdisk terhapus, salah satunya yaitu karena kelalaian kita sendiri.  Atau bisa juga karena virus, virus dapat menyebabkan file atau data hilang atau terhapus dengan sendirinya tanpa sebab yang jelas. Untuk itu sebaiknya anda rajin untuk menscan komputer, laptop atau smartphone anda supaya terhindar dari virus yang berbahaya.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan file atau data yang terhapus pada Flashdisk. Salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer sebagai media untuk mencari atau mengembalikan file yang sudah terhapus. Anda bisa menyimak tips nya berikut ini.

Ini merupakan cara awal untuk mengetahui apakah file Flashdisk anda yang hilang atau terhapus disebabkan oleh serangan virus atau bukan. Anda bisa mengecek nya dengan cara berikut ini:

  1. Tekan tombol windows pada keyboard, kemudian tekan huruf E (Menekan Tombol Windows + E pada keyboard).
  2. Lalu Pilih dan klik “drive” tempat Flashdisk, namun jika drive pada flashdisk sudah di klik namun tidak ada file atau blank putih semua, maka selanjutnya kembali lagi ke drive tempat flashdisk kemudian klik kanan dan pilih menu “properties”.
  3. Kemudian lihat pada menu tab “properties”, dan jika “used spaces” nya tidak dalam keadaan nol, maka dipastikan file anda hilang karena terkena virus.

Nah jika anda sudah mengecek file pada Flashdisk anda dan menemukan penyebab kenapa file anda hilang, maka langkah selanjutnya adalah cara mengembalikan file pada flasdfisk.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Open Hide Folder

Pada langkah pertama ini sebenarnya hanya untuk mengecek file atau data yang ada pada flashdisk atau di media penyimpanan komputer, untuk mengetahui apakah file atau data disembunyikan (hidden) oleh system apa tidak. Untuk mengetahuinya, anda bisa mengeceknya dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Pertama Tekan tombol “Windows” pada keyboard,  kemudian tekan huruf E (tekan Windows + E pada keyboard).
  2. Jika sudah, lalu  Klik tab “Organize” yang berada di pojok kiri atas, kemudian pilih menu “Folder and Search Optionts”.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk Menggunakan Open Hide Folder
  3. Kemudian “Klik tab View”, lalu cari dan klik menu “Hidden files and folders”, selanjutnya pilih “Show Hidden Folders, Files, and Drives”pada Komputer.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk Dengan menampilkan folder
  4. Langkah selanjutnya anda “Klik Apply” lalu klik tombol “Ok”.

Jika sudah, Lihat isi Flashdisk, SD card, apakah data atau file yang disimpan sudah muncul atau belum, Jika belum, anda bisa menggunakan “Command Prompt” untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang  pada Flashdisk anda.

Cara Mengembalikan File menggunakan Command Prompt

Jika langkah pertama tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini, meskipun sedikit rumit. Akan tetapi cara ini terbilang sangat ampuh. Silakan dicoba.

  1. Pertama Klik “Menu Start” pada komputer, lalu isi pada kotak pencarian dengan mengetik cmd kemudian tekan enter.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flasdisk dengan CMD
  2. Setelah tab cmd atau Command Prompt terbuka, lalu Ketikan “CD..” tanpa menggunakan tanda kutip sampai berkali-kali hingga muncul tampilan C:>.
  3. Selanjutnya Ketikan alamat drive tempat Flashdisk yang akan anda cari misal J:> maka ketik saja setelah C:> .. Contoh : C:> J: Nanti akan berubah menjadi J:>.
  4. Setelah berubah, maka ketikan ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D lalu tekan enter.
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk
    Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada Flashdisk dengan menggunakan CMD
  5. Jika anda sudah melakukan langkah diatas, selamat kini file yang terhapus sudah kembali.

Note: untuk kata (spasi),  gunakan spasi pada keyboard anda bukan ditulis / atau diketik pada CMD nya.

Jika langkah diatas sudah dilakukan, maka selamat file atau data pada Flashdisk anda yang ke hide oleh virus sudah tampil kembali.

Keterangan untuk Kode ATTRIB *.* -S -H -R /S /D

  • attrib = merupakan perintah dalam bahasa dos untuk memberikan attribut pada suatu file atau folder.
  • -s  = tanda minus (-) maksudnya menghapus, dan untuk huruf S artinya file system, jadi maksud dari tanda -s adalah menghapus attribut protected operating system.
  • -h = hampir sama dengan fungsi diatas, tanda -h berfungsi untuk menghilangkan attribut hidden atau  untuk mengubah file yang tersembunyi menjadi terlihat.
  • *.* = Tanda bintang (*) artinya semua, yang dimaksud dalami perintah ini adalah semua file atau folder yang mempunyai semua ekstensi.
  • /s = Artinya untuk memproses semua file dalam folder yang sama dengan lokasi file.bat, dan juga untuk semua subfolder yang ada didalamnya.
  • /d = memerintahkan untuk memproses folder, maksudnya jika anda tidak menuliskan perintah ini maka hanya akan memproses semua file tanpa memproses folder.

Untuk kedua cara diatas memang sangat ampuh untuk mengembalikan file atau data pada Flashdisk anda. jika anda sudah berhasil melakukan cara diatas maka saya ucapkan selamat. Dan jika anda masih gagal dan belum begitu paham, maka tidak ada salahnya jika anda bertanya dengan menggunakan layanan kotak komentar dibawah. Semoga artikel cara mengembalikan file yang terhapus pada flashdisk bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan, baca juga cara merakit komputer PC Lengkap dengan gambar, terimakasih dan wassalam.

Tag

cara open hidden file