Cara Menghilangkan Iklan di Layar HP Android

Cara Menghilangkan Iklan di Layar HP Android-Mengatasi iklan di android akan dibahas pada artikel ini. Android sebagai sistem operasi pada smartphone dengan pengguna yang sangat banyak, mudah untuk disusupi oleh iklan-iklan pop up. Iklan pop up ini adalah iklan yang muncul tiba-tiba di layar smartphone ketika membuka sebuah aplikasi atau terhubung dengan internet. Iklan ini terkadang sulit untuk ditutup karena tombol skip pada iklan susah untuk ditemukan dan malah mengarahkan ke halaman iklan tersebut.

Iklan ini bisa sangat mengganggu ketika sedang mengirim pesan atau menggunakan ponsel. Selain itu iklan ini sangat merugikan karena selain menguras baterai ponsel, juga bisa mengambil informasi pribadi ketika penggunanya sedang membuka aplikasi Facebook atau media sosial lainnya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara mematikan iklan di android. Di bawah ini adalah langkah cara menghapus virus iklan di android yang mudah untuk diikuti.

cara menghilangkan iklan di android

Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Root

Iklan pop up ini bisa disisipkan oleh distributor yang nakal atau bisa juga karena men-download aplikasi di luar PlayStore yang terkadang tidak aman untuk ponsel.  Untuk perhatian saja, kerap kali aplikasi yang tidak aman itu telah dimasuki oleh virus, malware, ataupun adware.

Namun tidak semua aplikasi di luar PlayStore itu tidak aman. Iklan itu biasanya muncul dari unduhan aplikasi yang gratis dan keberadaan iklan itu gunanya untuk pengembangan dan dana untuk developer-nya. Untuk mudahnya, Anda dapat stop iklan di android dengan cara mematikan koneksi internet. Karena iklan yang muncul di smartphone biasanya muncul jika ponsel terhubung dengan internet.

Hanya saja, cara tersebut tidak efektif karena koneksi internet sangat penting dan dibutuhkan oleh penggunanya. Game online juga sering kali membutuhkan internet. Oleh karena itu, cara menonaktifkan iklan di android tanpa root yaitu dengan mengunduh aplikasi NoRoot Firewall yang bisa didapatkan di PlayStore dengan gratis.

NoRoot, aplikasi memiliki sistem yang mirip dengan Windows Firewall pada sistem operasi Windows di PC atau komputer. Dengan NoRoot, Anda dapat membatasi aplikasi atau game android tertentu yang bisa terhubung dengan internet. Ada pilihan ‘deny’ untuk memilih aplikasi atau game yang dihilangkan iklannya.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Root

Apakah bedanya android root dan tidak root? Root artinya adalah android sudah masuk ke sistem pengembangannya sendiri. Apabila android Anda belum dalam keadaan root, jangan mengubahnya ke kondisi root jika belum memiliki backup atau belum paham benar cara mengembalikannya ke keadaan semula. Namun apabila android memang sudah dalam kondisi root, maka cara memblokir iklan di android akan semakin mudah.

Baca juga :

Langkah awalnya adalah download aplikasi 9Apps dulu. Aplikasi ini tidak ada di PlayStore untuk itu Anda harus mengunduhnya dari sumber luar Google. Oleh karenanya, Anda perlu mengaktifkan pengaturan soal keamanan supaya dapat mengunduh dari sumber yang tidak dikenal. Setelahnya, Anda dapat membuka 9Apps dan mencari aplikasi AdAway, AsFree, atau AdBlock. Tiga aplikasi itu termasuk cara menghilangkan pop up di android.

Distributor yang nakal terkadang menyisipkan aplikasi yang mengandung iklan secara diam-diam. Oleh karenanya, sebelum menggunakan smartphone, ada baiknya mengecek android Anda supaya terhindar dari iklan yang mengganggu. Dua pilihan cara di atas, sangat mudah diikuti dan dipraktekkan. Cara menghilangkan iklan di layar hp android di atas terbukti ampuh dalam menghilangkan iklan pop up di smartphone android.